Friday, June 7, 2013

Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia sebagai makhluk Tuhan disamping memiliki hak, juga memiliki kewajiban. Salah satu kewajiban yang harus dijalani manusia adalah bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang diperbuat. Menurut saya, definisi tanggung jawab adalah siap untuk menerima konsekuensi yang akan diterima setelah melakukan suatu tindakan, baik itu tindakan yang baik ataupun yang buruk.

Tingkat tanggung jawab seseorang akan meningkat seiring dengan waktu, yang dimaksud disini adalah tanggung jawab seseorang akan semakin meningkat dengan semakin dewasanya manusia tersebut. Seorang manusia tentu semakin dewasa pasti akan semakin sadar dengan apa yang ia perbuat. Ia akan berpikir sebab ia melakukan suatu tindakan sampai dampak baik ataupun buruknya dari tindakan yang ia lakukan.

Tetapi, adakalanya seorang manusia yang sudah dewasa belum memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal ini bisa dikarenakan oleh faktor lingkungan atau faktor disekitar. Faktor disekitar menentukan karena seorang manusia akan merasa bertanggung jawab apabila orang-orang disekitarnya paham betul tentang tanggung jawab yang membuat seseorang akan belajar dari orang disekitarnya tersebut. Faktor masalah hati nurani juga berperan di sini, mengapa? hati kita akan menuntun kita pada tindakan kita, tindakan itulah yang akan menuntun kita pada tanggung jawab yang mau tidak mau harus dilakukan.

No comments:

Post a Comment