Sunday, January 20, 2013

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Pertentangan Sosial adalah suatu kegiatan yang menentang ilmu - ilmu sosial yang biasanya terjadi karena kesalah pahaman. contoh pertentangan sosial adalah tauran, kerusuhan, perang antar suku dan banyak lagi. contoh yang paling sering kita lihat adalah tauran, tauran yang sering terjadi biasanya di dasari oleh keinginan berkuasa atas suatu tempat atau suatu barang bahkan orang.

Dari pengertian diatas dapat diambil suatu pernyataan, jika integrasi masyarakat mau tercipta dengan baik. Pemerintah dan aparat keamanan harus bisa mengendalikan masyarakat itu sendiri. Adanya rasa toleransi, saling mengharigai dan saling mengerti antar satu sama lain akan mengurangi resiko terjadinya pertentangan sosial.

Pertentangan sosial dan integrasi masyarakat adalah susatu yang berbanding terbalik. Kedua hal ini merupakan sebab akibat. Jika integrasi masyarakat tidak tercipta di suatu masyrakat, pertentangan sosial yang tercipta, begitu pula sebaliknya. Karena itu, manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain harus saling menghargai dan menjaga hubungan baik dengan manusia lain agar tidak terjadi konflik yang dapat merugikan manusia itu sendiri.

No comments:

Post a Comment