Thursday, January 17, 2013

Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

Boven Digoel, Papua - Untuk menghindari pengaruh buruk yang mungkin ditimbulkan oleh negara lain, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bertekad untuk memperbanyak desa informasi di pelosok tanah air.

Desa informasi memang salah satu program Kominfo yang mulai dilaksanakan sejak 2009. Tercatat, sepanjang 2012 ada sekitar 120 desa terpencil yang sudah memiliki komunikasi telepon, radio dan internet.

"Dengan teknologi, masyarakat terpencil diharapkan bisa mendapatkan banyak informasi," kata Dirjen Informasi dan Keterbukaan Publik, Freddy Tulung.

Namun di luar itu desa informasi juga dibentuk sebagai pertahanan bangsa. Terutama dari informasi menyesatkan di negara tetangga yang biasanya didengar oleh masyarakat tanah air di wilayah perbatasan.

"Desa informasi juga menciptakan pertahanan sosial, ekonomi dan politik," tambah Freddy, saat meresmikan Desa Informasi di Desa Sohokanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Seperti diketahui bahwa Kabupaten Boven Digoel merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua New Guini. Konon, banyak intervensi sinyal dari negara tetangga yang cukup menggangu di sini. Dengan adanya desa informasi semua ancaman tersebut diharapkan bisa teratasi.


Menurut saya, pengembangan teknologi cukup bagus untuk di perbatasan negara khususnya di desa-desa terpencil dimana perbatasan negara itu berada. Namun, perlu untuk diketahui bahwa penggunaannya juga harus diawasi, jangan sampai informasi-informasi yang seharusnya masuk untuk diketahui dan membantu kita, malah menjadi keuntungan bagi negara lain untuk membobol masuk ke negara kita

No comments:

Post a Comment