Thursday, January 17, 2013

Agama dan Masyarakat

Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Kata "agama" berasal dari bahasa Sanskerta, āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal daribahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.


Agama akan diikuti oleh orang-orang yang mempercayai ajaran agama tersebut. Agama adalah sesuatu yang sakral dimana didalamnya terdapat Tuhan yang menjadi pelindung ataupun tempat berteduh bagi orang-orang yang mempercayai. Manusia atau masyarakat adalah tokoh utama dalam Agama disamping makhluk halus yang mempercayai agama tersebut. Karena itu, kaitan antara agama dan masyarakat sangat erat. Agama memberikan suatu janji seperti Surga dan Neraka bagi orang-orang yang menjalani ataupun menjauhi ajaran-ajaran yang ada pada agama tersebut. 

Agama tidak bisa dicampuradukan satu sama lain. Hal ini dapat menimbulkan kesesatan, dan hal inilah yang terjadi di Indonesia karena mulai banyak ajaran-ajaran agama sesat yang mengatasnamakan campuran beberapa agama. Hal ini tentu akan membuat masyarakat geram dan mencoba untuk menghentikan penyebaran agama sesat tersebut.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Agama

No comments:

Post a Comment