Friday, October 26, 2012

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhar yang artinya menahan atau menangung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat berbentuk lahir atau batin, keduanya termasuk penderitaan ialah keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan dan lain-lain.

Dari pengertian diatas, kita bisa melihat bahwa manusia tidak selalu senang dan bahagia. Manusia juga pasti memiliki masalah hidup ataupun hal-hal yang tidak diinginkan, hal itulah yang biasa kita sebut dengan penderitaan.

Manusia harus berjuang dan optimis untuk melewati cobaan atau penderitaannya itu. Seseorang yang tidak mampu dan tidak kuat fisik serta mental untuk melawannya dapat mengalami kekalutan mental atau biasa kita sebut gangguan kejiwaan. Manusia yang mengalami kekalutan mental cenderung putus asa dan merasa tidak berguna lagi untuk hidup dan ingin mengakhiri hidupnya. Rasa putus asa itulah yang harus kita hindari untuk menjalani hidup.


Saya mempunyai beberapa tips untuk orang-orang yang sedang menjalani penderitaan atau beban hidup yang cukup berat:
  1. Yang paling pertama adalah mencoba berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk meminta jalan keluar yang terbaik untuk masalah yang dihadapi
  2. Senantiasa optimis untuk dapat melewati masa-masa sulit itu
  3. Sharinglah masalah yang menurut kita sudah cukup berat pada orang-orang terdekat. Hal ini cukup penting, karena pemikiran setiap orang berbeda-beda. Dengan sharing, mungkin kita dapat memecahkan masalah berat kita dengan alternatif pemikiran orang terdekat kita.
Jadi kesimpulannya, setiap manusia pasti akan melewati masa-masa sulit di dalam hidupnya. Untuk itu, kita harus senantiasa dekat dengan Tuhan dan tetap optimis untuk melewatinya karena Tuhan tidak akan memberi penderitaan yang tidak mampu dilewati oleh umat-Nya.

No comments:

Post a Comment