Saturday, March 28, 2015

Basic Tutorial Yu-Gi-Oh

The Yu-Gi-Oh! Trading Card Game adalah permainan kartu koleksi Jepang yang dibuat dan dipublikasikan oleh Konami. Hal ini didasarkan pada permainan fiksi, Duel Monsters yang dibuat oleh manga artist Kazuki Takahashi. Permainan Yu-Gi-Oh! Trading Card Game pertama kali diluncurkan oleh Konami pada tahun 1999. Permainan ini tercatat sebagai Top Selling trading card game di dunia oleh Guinness World Records pada tanggal 7 Juli 2009, karena telah menjual lebih dari 25 miliar kartu di seluruh dunia. Permainan trading card ini terus mengalami peningkatan popularitas sebagaimana ia dimainkan di seluruh dunia,kebanyakan di Jepang, Amerika Utara, Eropa dan Australia.

Oke, itu sedikit info tentang Trading Card Game Yu-Gi-Oh, minat buat main? here's the basic rule:
  • Tiap pemain diberikan Life Point sebesar 8000. Life Point adalah 'nyawa' pemain. Jadi kalo abis, well it's a game over.
  • Minimal kartu dalam deck harus ada minimal 40 buah, dan maksimal 60 buah jika kelebihan atau kurang maka pemain akan didisfikualisasi.
  • Berdasarkan banned list, jumlah kartu yang sama pada deck dibagi menjadi 3: Limited (hanya diperbolehkan 1 kartu tersebut di dalam deck), Semi-Limited (diperbolehkan 2 kartu yang sama), dan Forbidden (kartu yang tidak boleh digunakan). Kartu-kartu yang tidak termasuk dari ketiga bagian tersebut, berarti bebas, yang artinya maksimal 3 kartu yang sama di dalam deck. Contoh: monster card Red-eyes Darkness Metal Dragon itu Limited, jadi hanya boleh 1 di dalam deck. Begitu seterusnya, untuk banned list bisa lihat di sini
  • Maksimal kartu yang ada di tangan, pada saat End Phase adalah 6, lebih dari itu harus dibuang jumlah yang berlebih ke dalam Graveyard, kecuali terdapat efek kartu khusus seperti Infinite Card. (Untuk lebih jelas tentang Phase dalam duel, akan dijelaskan nanti).
  • Life Point yang berkurang biasanya sesuai selisih attack point musuh dengan attack point monster sendiri dan dalam posisi menyerang, sedangkan monster dalam posisi bertahan life point pemian tidak berkurang. Jika monster menyerang dengan musuh poin serangan sama, maka kedua monster akan hancur dan tidak terjadi damage pada life point.
  • Kondisi untuk memenangkan suatu duel adalah Menghabiskan "Life Point" Musuh sampai 0, atau Lawan menyerah atau Menghabiskan Deck Lawan sehingga lawan tidak dapat menarik kartu lagi dari tumpukan deck atau Akibat efek dari kartu tertentu seperti Exodia the Forbidden One, Destiny Board, Final Countdown, Ulevo, atau Vennominaga the Deity of Poisonous Snakes.
Simple kan? oke sekarang kita masuk ke arena permainan atau biasa disebut Field:
Gambarnya jelas? oke kita masuk ke penjelasan:
  • Field Card Zone: tempat meletakkan Spell Card yang bertipe Field, yang artinya merubah arena permainan, Spell ini hanya diperbolehkan 1 di Field tiap pemain. Contoh: Field card Umi yang merubah Field menjadi laut, sehingga menambah point atk dan def bertipe air (Fish, Aqua, dll).
  • Monster Card Zone: Tempat meletakkan monster card. Maksimal 5 monster di tiap bagian Field pemain.
  • Spell/Trap Card Zone: Tempat meletakkan Spell/Trap card. Maksimal 5 Spell/Trap di tiap bagian Field pemain.
  • Deck Zone: Tempat kartu-kartu utama dikumpulkan sebelum bermain, minimal 40 kartu dan maksimal 60 kartu
  • Extra Deck Zone: Dulu memiliki nama Fusion Deck yang jumlahnya tidak dibatasi, namun tahun 2009 diganti menjadi Extra Deck Zone dan dibatasi menjadi 15 kartu. Tempat dikumpulkannya Fusion, Synchro dan XYZ Monster Card.
  • Graveyard: Tempat monster yang telah mati setelah bertempur dan Spell/Trap yang telah digunakan. Monster masih bisa dibangkitkan dengan Spell/Trap atau bahkan effect monster. (Co: Monster Reborn, XYZ Reborn, Call of The Haunted, dll)
  • Pendulum Zone: Liat ada berlian berwarna biru dan merah? yap itu Pendulum Zone, masih baru di trading card game karena baru muncul di seri terakhir Yu-Gi-Oh: Arc V. Fungsinya jelas meletakkan monster berjenis Pendulum (Lebih jelasnya saya bahas di lain kesempatan).
Ada 1 jenis Zone yang belum dibahas pada gambar:
  • Remove from Play Zone: dilihat dari nama sudah jelas, tempat kartu-kartu yang telah dikeluarkan dari permainan, biasanya karena effect dari suatu kartu. Berbeda dengan Graveyard, monster tidak dapat dibangkitkan dengan Spell/Trap yang saya sebutkan di atas. Namun seiring berjalannya waktu, permainan berkembang dan ada beberapa effect monster yang membangkitkan monster dari zona ini.
See? Permainan yang menarik bukan? Next, saya akan menjelaskan lebih jauh mengenai Monster Card mulai dari Type, Attribute, Star (Bintang) sampai ke Effect. So, stay tune! :D



No comments:

Post a Comment