Friday, October 17, 2014

Peranan dan Fungsi Bahasa

A. Pengertian Bahasa
Bahasa adalah suatu sarana yang digunakan untuk berkomunikasi oleh satu orang kepada orang lain, sehingga apa yang ingin disampaikan orang tersebut dapat dimengerti oleh orang yang di tuju(si penerima). Bahasa pada umumnya bisa berbentuk lisan, isyarat dan tulisan. Tanpa bahasa, baik verbal maupun non verbal, manusia tidak akan bisa mengerti satu sama lain. Berikut beberapa pengertian bahasa menurut para ahli

Pengabean (1981:5)
Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadipada sistem saraf.Menurut
Soejono (1983:01)
Bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidupbersama.Menurut
Syamsuddin (1986:2)
beliau memberi dua pengertian bahasa.
- Bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan,alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.
- Bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluargadan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.


B. Manfaat Bahasa
Manfaat dari mempelajari bahasa adalah kita bisa lebih terampil dan teliti dalam menggunakan bahasa, terlebih pada tempat dan kondisi tertentu.


C. Pendapat Mengenai Bahasa
Perilaku seseorang dicerminkan melalui bahasa yang ia gunakan sehari-hari, baik verbal maupun non verbal. Buruk atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari sikapnya berbahasa non verbal, maupun berkata-kata secara verbal. Perilaku seseorang tersebut juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Jika bahasa yang digunakan di sekitar orang tersebut baik, ia akan berbahasa secara baik pula. Begitupun sebaliknya, jika lingkungannya berbahasa buruk dalam verbal dan non verbal, seseorang juga dapat terpengaruh menjadi buruk pula.

No comments:

Post a Comment